Begini Cara Merawat Karpet Tile

Cara Merawat Karpet Tile

Karpet tile sebenarnya sama saja seperti karpet pada umumnya, hanya saja lebih sering digunakan pada bangunan – bangunan besar seperti perkantoran karena keunikannya serta kemampuannya menciptakan nuansa yang elegan dan modern. Jenis karpet ini memang cukup banyak peminatnya sehingga kini, para pemilik rumah pun banyak yang mencarinya sehingga semakin banyak produsen dari berbagai daerah yang menjualnya. Apalagi kota – kota besar seperti Bandung, Surabaya, Jogjakarta, dan Jakarta sudah pasti karpet ini akan mudah ditemukan.

Sama seperti karpet yang dijual di beberapa daerah tersebut, karpet tile Jakarta juga biasanya dipasang dengan lapisan karet yang melekat di bawahnya sehingga dapat menempel pada ubin atau lantai dasar. Sehingga tidak akan mudah bergeser meskipun sering dilalui banyak orang. Karena Jakarta merupakan kota besar yang lebih maju di antara kota – kota lainnya, maka tak heran jika karpet ini menjadi ornamen biasa yang sering digunakan di rumah.

Bagaimana Cara Merawat Karpet Tile Yang Benar?

Merawat karpet tile sebenarnya tidak terlalu sulit tetapi tidak juga mudah. Yaitu, dapat dilakukan hanya dengan membersihkannya secara rutin. Tetapi Anda juga dituntut untuk lebih jeli dan teliti karena biasanya banyak debu – debu halus yang menumpuk pada karpet tetapi tidak terlihat. Tetapi jangan khawatir, karena artikel dapat menjadi solusi bagi Anda yang masih merasa bingung untuk merawatnya dengan baik dan benar supaya bisa digunakan dalam pemakaian jangka panjang. Berikut cara merawat karpet yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

Buat Jadwal

Pertama – tama buatlah jadwal untuk membersihkan karpet secara berkala paling tidak seminggu sekali dan pastikan Anda selalu menepati jadwal tersebut supaya kebersihannya tetap terjaga. Selain itu, proses pembersihan yang dilakukan secara rutin dapat menghindari penumpukan kotoran dan mebuat karpet menjadi lebih awet.

Bersihkan Dengan Vacuum Cleaner

Untuk membersihkannya, pastikan Anda mengangkat barang – barang atau furnitur yang sekiranya bisa dipindahkan agar hasilnya bersih menyeluruh. Gunakan perlatan kebersihan seperti vacuum cleaner untuk membersihkan permukaan karpet, jika terdapat kotoran yang menempel pada sela – sela bulu karpet, Anda bisa menggunakan pemukul yang terbuat rotan untuk menepuk – nepuk karpet supaya kotoran dan debu tersebut dapat terhisap vacuum cleaner dengan mudah.

Jangan Gunakan Pemutih Saat Membersihkan Karpet

Karpet tile yang sudah digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama pastinya akan menumpuk banyak kotoran. Apabila terdapat bagian yang lengket dan basah, bersihkanlah menggunakan sikat dan detergen dengan cara menggosoknya secara perlahan. Jika ada kotoran membandel yang sulit dibersihkan, Anda bisa menuangkan cuka dan baking soda saat menyikat karpet. Jangan gunakan cairan pemutih karena dapat merusak bahan karpet dan memudarkan warnanya. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan jemur sampai kering.

Setelah Anda melakukan pembersihan menggunakan vacuum cleaner dan juga mencucinya dengan detergen sehingga didapatkan karpet yang benar – benar bersih. Pastikan Anda juga menjaga kebersihannya supaya tidak ada lagi noda – noda yang membandel dan sulit dibersihkan. Jika sewaktu – waktu ada tumpahan cairan seperti teh dan kopi, maka Anda harus mencucinya atau hanya dengan membilasnya dengan air bersih lalu dikeringkan. Meskipun sudah membuat jadwal rutinan untuk membersihkannya, bukan berarti Anda hanya melakukan pembersihan di waktu tersebut saja. Tetap berhati – hati terhadap makanan, minuman, atau benda – benda lainnya yang bisa menimbulkan noda pada karpet tile dan segera bersihkan jika benda tersebut telah mengotori karpet.

Tukar Posisi Karpet

Karpet yang lebih sering diinjak biasanya akan mudah rusak karena bulu – bulu yang rontok dan warnanya yang memudar. Oleh karena itu, Anda perlu menukar posisi karpet yang sering diinjak dan yang sama sekali tidak pernah dilalui orang supaya nantinya kerusakan karpet tidak hanya terjadi pada beberapa bagian saja. Selain itu, penting juga untuk mengubah – ubah posisi karpet secara teratur supaya pudarnya warna karpet menjadi lebih menyeluruh sehingga tidak akan merusak tampilan dari karpet itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *