5 Keunggulan Vinyl Tile yang Bisa Diterapkan pada Rumah

Keunggulan Vinyl Tile

Lantai adalah komponen atau elemen utama pada berbagai jenis bangunan, termasuk juga rumah tinggal. Lantai pada perkembangannya tidak hanya berfungsi sebagai bagian utama di mana seluruh kegiatan dan objek perabot bertumpu. Namun juga menjadi bagian di mana estetika dan dekorasi ditonjolkan. Lantai yang tepat, nyaman, halus, bersih, dan juga elegan, tentu saja menjadi idaman setiap rumah. Dan vinyl tile dalam hal ini, dapat menjadi pilihan yang ideal.

Lantai dari bahan vynyl dengan bentuk satuan dan lembaran yang lebih kecil atau yang lebih populer disebut tile, adalah material pelapis lantai yang penggunaannya semakin marak dewasa ini. Jenis pelapis lantai ini gampang diaplikasikan, memiliki beragam corak, permukaannya halus dan lembut sekaligus tahan lama. Untuk sebuah lantai rumah, lantai berbahan tile vynyl memang ideal untuk digunakan.

Lalu apa saja sebenarnya keunggulan dari lantai vinyl ini terkait dengan penggunaannya pada rumah tinggal? Berikut penjelasannya.

Berbagai Keunggulan Utama Vinyl Tile Sebagai Lantai Utama Rumah Tinggal

Hal pertama yang harus mampu diberikan oleh dekorasi interior pada rumah tinggal adalah mampu membuat penghuninya nyaman dan betah. Sebagus apa pun dekorasi interior, pertimbangan utamanya tetaplah harus menjadikan penghuni rumah merasa comfortable dan enjoy. Rumah adalah tempat pulang, bukan hanya dari pengertian harfiah, namun juga dapat diterjemahkan sebagai tempat pulang dari sisi psikologis, kenyamanan dan juga ketenangan.

Nah relevan dengan kepentingan itu, lantai vinyl sebagai interior rumah tinggal, khususnya lantai, memiliki beragam keunggulan sebagai berikut;

Tersedia dalam beragam corak

Setiap orang memiliki selera tersendiri yang ingin mereka aplikasikan pada rumah. Lantai vinyl menyediakan banyak sekali motif dan corak yang dapat disesuaikan dengan selera dan keinginan masing-masing. Anda yang lebih menyukai nuansa sentuhan alam yang klasik mungkin dapat menjatuhkan pilihan pada motif kayu, oak atau lain sebagainya. Sementara untuk anda yang mungkin lebih prefer terhadap modernitas urban, bisa mengambil corak yang terang dan berani.

Keunggulan Vinyl Tile

Memiliki Tekstur yang Lebih Halus

Pada permukaan lembaran lantai vinyl yang biasa digunakan, terdapat lapisan busa atau sejenis kain khusus. Sementara pada bagian atas lantai yang menjadi permukaan utama, teksturnya lebih halus dan nyaman. Kombinasi antara adanya pelapis busa atau kain pada bagian bawah permukaan vinyl, dan juga permukaan yang softly, akan membuat lantai ini terasa lebih empuk, nyaman, dan sekaligus hangat.

Maintenance yang Mudah

Keunggulan lantai berbahan vinyl dengan model tile selanjutnya adalah perawatannya yang sederhana dan gampang. Sama sekali tidak dibutuhkan perlakuan khusus untuk membuat performance lantai jenis ini tetap maksimal. Kemampuan tile vinyl yang kedap terhadap cairan serta kotoran membuat perawatannya pun tidak sulit. Dengan menyapu dan mengepel lantai secara teratur, lantai bahan ini akan bertahan dalam waktu yang lama.

Dapat Diaplikasikan untuk Selain Lantai

Selain dapat digunakan sebagai pelapis permukaan lantai yang memang menjadi fungsi utama lantai vinyl, material jenis ini juga sangat efektif jika kemudian digunakan sebagai pelapis permukaan plafon atau dinding. Dengan pilihan corak dan warnanya yang banyak, vinyl dapat menjadi solusi pengganti wallpaper yang praktis dan estetis.

Tahan Lama dan Awet

Selanjutnya yang menjadi keunggulan terakhir dari vynyl adalah material ini memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca. Permukaannya yang kedap air dan tidak dapat diinfiltrasi oleh cairan, memungkinkan material vynyl dapat bertahan dalam waktu yang lama. Baik penggunaannya untuk lantai, untuk plafon, mau pun sebagai pelapis dinding, vinyl lantai adalah salah satu pilihan terbaik yang dapat diaplikasikan untuk rumah hunian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *