Mau Beli Kaca Tempered? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya Disini 

Material kaca menjadi salah satu material yang banyak dipilih dewasa ini untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari perabot, pemisah ruangan, kanopi, dan lain sebagainya karena sifatnya yang tranparan dan tampak cantik dibanding material lainnya. Namun karena kaca ini sifatnya mudah retak atau pecah, maka banyak produsen berusaha menciptakan inovasi. Salah satunya lewat kaca tempered atau tempered glass.

Kaca Tempered

Kelebihan Kaca Tempered 

Material kaca yang kini banyak digunakan dalam proses konstruksi bangunan sampai interior dan perabot adalah jenis tempered. Kaca jenis ini diproses dengan suhu tinggi yang secara perlahan suhunya diturunkan, sehingga menghasilkan material kaca yang punya banyak kelebihan. Kelebihan ini tentunya tidak dimiliki oleh kaca biasa, maka tidak heran meski harga kaca tempered lebih lumayan namun peminatnya cukup tinggi.

Proses pembuatan yang menggunakan pengaturan suhu menjadikan kaca tempered ini berkali-kali lebih kuat dibanding kaca biasa. Sangat cocok dijadikan sebagai material yang nantinya menopang beban yang lumayan. Sebagai contoh adalah dijadikan material yang menyusun anak tangga di sebuah rumah atau bangunan, sehingga cantik sekaligus kuat.

Semakin tebal kaca tempered ini maka semakin bagus kekuatannya, misalnya saja harga kaca tempered 12mm sudah tentu akan lebih mahal dibanding kaca yang lebih tipis. Meski sama-sama jenis tempered namun tingkat ketebalan yang berbeda mempengaruhi kekuatan sekaligus banderol harganya. Silahkan memilih sesuai kebutuhan, dan tentunya pas dengan selera.

Kelebihan lain yang dimiliki kaca tempered ini adalah dari karakternya yang tidak pecah berkeping-keping saat mengalami retak. Kaca biasa jika pecah maka akan membentuk kepingan yang ujungnya tajam sehingga berbahaya. Namun kaca tempered ketika pecah akan langsung membentuk butiran halus, sehingga aman. Sangat tepat dijadikan pilihan jika memiliki anak kecil di rumah.

Kekurangan Kaca Tempered

Namun, terlepas dari segala kelebihan yang diusung kaca jenis tempered ini ternyata juga memiliki sejumlah kekurangan. Adapun kekurangan yang wajib diperhatikan dan dipertimbangkan ini antara lain:

  • Kaca tempered tidak bisa dipotong, artinya ketika ingin menjadikannya sebagai pilihan musti memesan secara khusus dan wajib memastikan ukurannya pas. Mengapa tidak bisa dipotong? Sebab ketika retak dan mendapat benturan akan langsung berubah menjadi serbuk kaca berukuran kecil-kecil. Sehingga tidak bisa dipotong sebagaimana kaca biasa.
  • Retak sedikit langsung rusak ke seluruh bagian kaca tempered, sebab retakan kecil akan memicu bagian kaca secara keseluruhan berubah menjadi butiran kaca kecil-kecil. Sehingga ketika tidak sengaja tertabrak atau karena sebab lain yang memicu retakan, otomatis langsung rusak dan perlu diganti yang baru.
  • Kaca tempered praktis tidak bisa dibor maupun dilubangi, sehingga kait untuk menyatukannya dengan dinding atau tembok dibuat khusus. Kaca jenis ini tidak bisa dibubangi sehingga tidak bisa asal dipindahkan. Artinya satu kaca dipesan khusus dan hanya bisa dipakai di titik yang diputuskan untuk lokasi pemasangannya, tidak bisa diganggu-gugat.

Sebagai salah satu inovasi, memang kaca tempered belum bisa dikatakan sempurna tanpa kekurangan. Kaca jenis ini tetap memiliki kekurangan seperti yang disebutkan di atas, sehingga perlu dipertimbangkan sebelum membeli atau menjadikannya sebagai pilihan. Mencegah segala kekurangan tersebut dirasakan maka dianjurkan untuk memesan di tempat khusus dan terpercaya.

Akan lebih aman jika sudah sekalian dengan jasa pasangnya, sebab kaca jenis ini tidak bisa dibor maupun dilubangi. Jika dipasang sekaligus maka tinggal terima beres dan minim resiko rusak seketika. Silahkan kunjungi si penyedia kaca tempered terbaik supaya harga kaca tempered 12mm terpasang yang didapatkan cukup menguntungkan kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *