Plus Minus Kusen Berbahan Aluminium

Plus Minus Kusen Berbahan Aluminium

Dengan berkembangnya gaya arsitektur bangunan dan makin canggihnya teknologi, maka semakin bervariasi pula berbagai elemen pendukung arsitektur yang diciptakan. Salah satunya adalah makin banyaknya variasi material untuk kusen pintu dan jendela, yang bisa kita temukan sekarang. Dahulu penggunaan kusen dari material kayu sangat populer. Kusen dari kayu memang cantik dan elegan. Namun dengan berjalannya waktu, makin banyak alternatif dari kusen kayu yang bisa dipilih. Akhirnya, makin lama penggunaan kusen dari kayu secara perlahan mulai tergantikan, dan kini telah ada beberapa alternatif material kusen yang bisa dipilih selain kayu. Namun diantara semua bahan untuk kusen, kusen aluminium adalah salah satu yang cukup populer untuk digunakan pada berbagai bangunan masa kini.

Kusen Dari Aluminium Punya Banyak Kelebihan

Kelebihan kusen dari bahan aluminium bila dibandingkan dengan kusen dari bahan lainnya cukup banyak, meliputi hal-hal di bawah ini:

1. Kuat dan tahan lama

Keunggulan utama dari kusen berbahan aluminium adalah bahwa material ini sangat awet. Kusen dari material ini tak mudah melengkung, dan tak gampang memuai atau menyusut. Sehingga dinding bangunan tak akan terganggu, sebab pemuaian kusen dapat menyebabkan dinding menjadi retak. Kusen aluminium juga tahan lama dan tak mudah rusak. Hal ini disebabkan oleh daya tahannya yang baik terhadap cuaca. Selain itu aluminium juga tak akan termakan rayap serta tahan jamur. Bahkan aluminium adalah bahan yang tahan korosi, yang berarti bisa tahan terhadap air laut sekalipun. Sehingga untuk digunakan untuk area lembab seperti kamar mandi dan ruang cuci, tidak akan jadi masalah.

2. Tampilan moderen dan mahal

Kusen dari aluminum akan menunjang penampilan yang simpel, moderen dan minimalis dari suatu gaya arsitektur. Kusen  dari bahan aluminium juga terlihat kokoh, sehingga kesan eksklusif dan berkelas bisa didapatkan. Selain itu, di pasaran kusen berbahan aluminium kini tersedia dalam berbagai warna, sehingga bisa disesuaikan dengan gaya yang diinginkan oleh desainer. Ternyata material aluminum secara estetika juga bisa memberikan efek yang bagus. Yaitu memberi pencahayaan yang baik, terutama apabila kusen tidak dicat.

3. Kusen berbahan aluminium relatif ringan.

Karena bahannya cukup ringan, maka kusen ini nyaman untuk digunakan. Selain itu kusen dari aluminium tak akan memberatkan dinding penyangga.

4. Praktis dalam proses bongkar pasang.

Bila dibandingkan dengan kusen kayu, maka proses pemasangan serta pembongkaran kusen dari aluminium lebih praktis untuk dilakukan. Misalnya untuk mengganti kusen berbahan aluminium tak perlu menjebol dinding seperti halnya mengganti kusen kayu.

5. Mudah dalam perawatan

Untuk merawat kusen dari aluminium cukup mudah, karena membersihkannya cukup dilap dengan kain lembab serta sabun.

Plus Minus Kusen Berbahan Aluminium

Kusen Berbahan Aluminium Punya Beberapa Keterbatasan

Selain nilai lebihnya, ternyata ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk menggunakan kusen dengan material aluminium.

1. Secara estetika, desain tak banyak pilihan.

Tak banyak yang bisa dilakukan pada kusen aluminium. Kusen ini tak dapat diukir atau diubah-ubah bentuknya, sehingga tampilan kusen ini tidak akan banyak berbeda.

2. Pemasangan harus teliti serta pengukurannya harus akurat.

Walaupun prosesnya terbilang praktis, pemasangan kusen harus melalui pengukuran yang akurat serta teliti. Kusen aluminium dipasang hanya menggunaan sekrup atau angkur, sehingga tak boleh ada kesalahan. Kesalahan yang terjadi bisa berakibat fatal, karena akan menyebabkan kerusakan dinding atau kebocoran melalui celah antara dinding dengan kusen. Itu sebabnya tukang yang mengerjakan pemasangan kusen, haruslah tukang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup.

3. Harganya cukup mahal.

Untuk memasang kusen berbahan aluminium memakan cukup banyak biaya bila dibandingkan dengan kusen dari kayu. Selain biaya dari bahan kusen itu sendiri, biaya pemasangan juga cukup tinggi sebab membutuhkan tenaga tukang yang berpengalaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *