Terapkan Tips Berikut Ini Untuk Desain Rumah yang Memberikan Suasana Sejuk

Tentunya, bisa dirasakan oleh semua orang kalau saat ini cuaca memang terasa semakin terik. Bahkan, tidak jarang hawa panas tersebut juga terasa sampai ke dalam rumah. Maka tidak mengherankan kalau saat ini, memiliki hunian nyaman dan adem, jadi keinginan banyak orang. Tentu rasanya membahagiakan sekali jika setelah berbagai kepenatan akibat aktivitas di luar rumah, akan menguap saat masuk melewati pintu kaca lipat ke dalam rumah yang mampu memberikan suasana sejuk.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips desain rumah yang bisa menghadirkan kesejukan di tengah hunian Anda. Tentunya akan sangat bermanfaat di tengah teriknya kondisi cuaca belakangan ini.

Menambahkan Tanaman di Luar dan di Dalam Rumah

Tentunya semua sudah mengetahui bahwa tumbuhan bisa membawa udara segar pada sekitarnya. Selain itu, tanaman rimbun juga bisa menahan sinar matahari yang terlalu terik. Oleh karena itu, tempatkan beberapa tanaman di dalam dan di luar rumah pada tempat-tempat yang strategis.

Jika taman atau halaman Anda cukup besar, tidak ada salahnya menanam pepohonan yang bisa menambah asri suasana rumah. Selain menambah keindahan, juga menambah kesejukan hunian, sehingga suasana lebih nyaman bagi penghuninya. Selain itu, Anda juga bisa membuat taman di dalam rumah dengan menambahkan bebatuan alam dan juga tumbuhan yang bisa mendinginkan.

Hindari Rumah Menghadap Timur Atau Barat

Bagian depan rumah, pastinya selain memiliki pintu, juga memiliki lebih banyak jendela. Oleh karena itu, sebaiknya hindari desain rumah menghadap ke timur atau barat. Sehingga terik sinar matahari tidak akan langsung menyorot masuk ke dalam rumah. Pastinya jendela yang menghadap langsung ke arah matahari akan membuat rumah terasa lebih gerah dan panas.

Apalagi jika menggunakan pintu kaca lipat bening. Lain hanya jika rumah menghadap utara atau selatan. Hunian tetap bisa mendapatkan sinar matahari melalui ventilasi atau jendela-jendela di samping rumah, tanpa harus merasakan intensitas sinar matahari terlalu kuat.

Memasang Dekorasi Air

Ada banyak sekali pilihan dekorasi air mengalir yang bisa digunakan untuk menambah suasana sejuk di dalam hunian. Sebut saja air mancur, kolam juga aquarium. Anda juga mungkin pernah melihat dekorasi berupa aliran air di dinding kaca yang terlihat indah dan adem.

Tampilan aliran dan suara gemericik air, secara psikologis sudah membuat seseorang merasa tenang. Selain tampak indah, juga bisa menambah kesejukan di ruangan karena sifat air yang dapat mendinginkan.

Perbanyak Sirkulasi Udara Untuk Ruangan Tanpa AC

Sirkulasi udara merupakan hal yang sangat penting. Jika tidak ada AC di rumah Anda, maka jalan terbaik untuk membuat rumah terasa sejuk adalah dengan memperbanyak jalur sirkulasi udara. Baik dengan menambah bukaan jendela, menambah ventilasi, ataupun menggunakan kipas hexos. Menggunakan pintu lipat kaca dari Vertuglass.com juga bisa menguntungkan. Karena pintu bisa dibuka lebih lebar, sehingga udara segar bisa masuk lebih banyak. Ruangan pun menjadi tidak pengap atau lembap.

Perbanyak Penggunaan Material Alami

Untuk menciptakan suasana sejuk, maka perbanyaklah unsur alam pada hunian Anda. Gunakan furnitur dan perabot dari kayu. Suasana sejuk juga dapat dihadirkan dengan memilih lantai dari material batu alam atau kayu alami yang terasa sejuk. Bisa juga gunakan batu-batu alam sebagai dekorasi dinding.

Itulah beberapa tips pada desain rumah yang dapat memberikan suasana sejuk. Jangan lupa untuk secara rutin membuka lebar-lebar pintu lipat kaca rumah Anda pada waktu-waktu tertentu. Sehingga cahaya dan udara segar bisa terus berputar dan hunian tidak terhindar dari rasa pengap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *